Header website TND.png

ZONA INTEGRITAS AREA I

on . Dilihat: 97

AREA I MANAJEMEN PERUBAHAN

 .

Tujuan

Untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja, pola pikir (mind set), serta budaya kerja (culture set) individu pada satker yang dibangun menjadi lebih baik sesuai dengan tujuan dan sasaran pembangunan Zona Integritas.

.

Target

  1. Meningkatnya komitmen seluruh jajaran Pimpinan dan anggota satker dalam membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM.
  2. Terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja pada Satker yang diusulkan sebagai Zona Integritas menuju WBK/WBBM.
  3. Menurunnya resiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan..

.

PENILAIAN Dokumen
A. PENGUNGKIT   
  I. PEMENUHAN  
    1. Manajemen Perubahan  
      i Penyusunan Tim Kerja  
        a. Unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas Link eviden
        b. Penentuan anggota Tim dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas Link eviden
      ii Rencana Pembangunan Zona Integritas  
        a. Terdapat dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM Link eviden
        b. Dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM Link eviden
        c. Terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM Link eviden
      iii Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM  
        a. Seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana Link eviden
        b. Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas Link eviden
        c. Hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti Link eviden
      iv Perubahan pola pikir dan budaya kerja  
        a. Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM Link eviden
        b. Sudah ditetapkan agen perubahan Link eviden
        c. Telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi Link eviden
        d. Anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM Link eviden
         
  II. REFORM (30)  
    1. Manajemen Perubahan  
      i Komitmen dalam perubahan  
        a. Agen perubahan telah membuat perubahan yang konkret di Instansi (dalam 1 tahun) Link eviden
- Isi Jumlah Agen Perubahan
- Isi Jumlah Perubahan yang dibuat
        b. Perubahan yang dibuat Agen Perubahan telah terintegrasi dalam sistem manajemen Link eviden
      ii Komitmen Pimpinan  
        a. Pimpinan memiliki komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan adanya target capaian reformasi yang jelas di dokumen perencanaan Link eviden
      iii Membangun Budaya Kerja  
        a. Instansi membangun budaya kerja positif dan menerapkan nilai-nilai organisasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari Link eviden
         
B. HASIL (40)  
  1. BIROKRASI YANG BERSIH DAN AKUNTABEL  
      a. Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) Link eviden
      b. Capaian Kinerja Lebih Baik dari pada Capaian Kinerja Sebelumnya Link eviden
  2. PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA  
      a. Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal) Link eviden

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas